Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Cara Mudah Menata Barang Di Gudang

Gudang merupakan tempat untuk menyimpan barang-barang yang sementara tidak atau belum terpakai. Ukuran gudang tergantung dari ukuran rumah kita dan banyaknya barang yang akan kita simpan, ada gudang yang cukup berukuran 4 m2 sampai 5 m2 tetapi ada juga yang memerlukan ukuran yang lebih besar.

Dalam menyimpan barang di gudang paling tidak ada dua hal yang harus kita perhatikan yaitu klasifikasi dan labeling. Yang dimaksud klasifikasi adalah kita harus memilah-milah barang sesuai jenis atau klasifikasi tertentu misalnya apakah barang tersebut apakah akan sering dipakai atau sangat jarang sekali dipakai. 

Selain itu kita kelompokkan barang menurut jenisnya, misalnya barang tersebut berupa peralatan tukang maka dikumpulkan bersama peralatan tukang yang lain.

Cara Mudah Menata Barang Di Gudang

Sedangkan Labeling maksudnya adalah jika kita memasukkan barang-barang ke dalam kardus kita tulis apa saja isi kardus tersebut pada kertas label dan ditempelkan di luar kardus. Ini sangat penting agar jika suatu saat kita membutuhkan suatu barang kita tidak mengalami kesulitan dalam menemukannya.

Agar penyimpanan barang bisa lebih rapi dan tidak terlalu memakan tempat kita dapat memasukkan barang-barang ke dalam kardus yang telah diberi label tersebut dan menyusunnya di atas  rak besi siku.

Dalam memilih rak besi siku yang digunakan kita harus memperhatikan ukuran rak yang lebar dan tingginya disesuaikan dengan ukuran ruangan, selain itu kita harus memilih rak yang kuat dan berkualitas baik agar mampu menopang beban yang berat.

Jika menggunakan rak besi siku, sebaiknya untuk barang-barang yang berat diletakkan di bagian bawah, dan yang ringan bisa diletakkan pada rak sisi atas.

Untuk ruangan gudang harus tetap dijaga agar tidak lembab, dan harus secara berkala dicek apakah ada kebocoran atau liang kembara rayap. Jika terjadi kebocoran maka kondisi gudang akan lembab dan mungkin akan merusak beberapa barang yang tidak tahan terhadap kelembaban.

Jika ada liang kembara rayap yang biasa terlihat pada dinding, bisa-bisa rayap sudah menyerang area gudang tersebut terutama kardus-kardus penyimpanan barang dan barang-barang yang terbuat dari kayu.

Demikian sedikit informasi tentang penataan gudang yang dapat rumahmaterial.com sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi bagi anda.

Back To Top