Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Panel UPVC, Alternatif Material Plafond Dan Dinding Partisi

Plafond dan dinding partisi merupakan komponen pekerjaan arsitektur yang penting untuk suatu bnagunan. Material plafon dan dinding partisi sangat beraneka ragam, salah satunya yang ada sekarang ini adalah material UPVC.

Apa yang dimaksud dengan UPVC?

UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride) adalah PVC biasa yang telah melalui proses kimia untuk meminimalkan sifat plastiknya sehingga menghasilkan material yang lebih kuat dan tahan lama. Saat ini material UPVC bisa juga dibentuk menjadi panel untuk bahan / material plafond dan panel dinding. 

Dimana Aplikasi Plafond UPVC?

Plafond UPVC dapat digunakan untuk berbagai jenis bangunan mulai dari rumah tinggal, bangunan perkantoran, mall, club house, sampai rumah sakit.

Plafond ini dapat diaplikasikan untuk plafond di dalam ruangan (contohnya ruang tamu, kamar tidur, ruang kerja kantor, ruang serbaguna, ruang toilet dan kamar mandi, dan lain-lain) dan luar ruangan (contohnya pada area teras luar).

Plafon UPVC

Apa Kelebihan Menggunakan Plafond UPVC?

Penggunaan panel UPVC sebagai material plafond atau dinding kelebihannya adalah :
  1. Mudah dan cepat pemasangannya, karena menggunakan sistem knock down yang saling interlocking. Pelaksanaan pekerjaan juga tidak memerlukan peralatan khusus.
  2. Material sudah finished good, tidak memerlukan finishing lagi setelah dan pada saat pemasangannya (tidak perlu dempul dan cat)
  3. Meredam panas, profil panel UPVC yang berongga sehingga menghambat perambatan panas.
  4. Tahan terhadap air dan udara lembab, karena berbahan dasar serat plastik serta permukaannya yang halus dan tidak berpori.
  5. Anti rayap dan anti karat sehingga lebih awet dan tahan lama.
  6. Ringan, dengan berat 2,4 sampai 3 kg/m2 sehingga mudah dalam mobilisasi material dan menghemat rangka (tidak perlu rangka yang terlalu kuat).
  7. Terdapat banyak pilihan motif dan warna. Ada yang polos, ada juga yang bermotif kayu dan sebagainya. Untuk warna juga terdapat banyak pilihan.
  8. Mudah perawatannya, karena biasanya pada lapisan panel UPVC terdapat lapisan anti debu, sehingga hanya perlu dilap dengan air.
Demikian sedikit ulasan yang dapat rumahmaterial.com sampaikan tentang panel UPVC. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan dapat menjadi alternatif material untuk pekerjaan plafond dan dinding partisi yang sedang dikerjakan.

Back To Top