Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Pipa Conduit Untuk Instalasi Kabel Yang Aman

Apa yang dimaksud dengan pipa conduit?

Pipa conduit atau sering disebut Electrical Conduit Pipe umumnya berupa pipa PVC jenis high impact (bisa dibending/tekuk) yang berfungsi sebagai pelindung instalasi kabel di bangunan gedung. Mengapa menggunakan pipa conduit bahan PVC?

Ada beberapa alasannya antara lain :
  1. Ringan, serta mudah dan cepat pemasangannya.
  2. Menggunakan pipa conduit bahan PVC lebih murah jika dibandingkan dari bahan logam seperti besi galvanis.
  3. Tidak berkarat dan bebas perawatan.
  4. Mudah dipotong dan dapat dibengkokkan sampai sudut tertentu
  5. Merupakan isolator yang baik sehingga tahan api dan tidak mudah terbakar.
  6. Permukaan bagian dalam pipa yang halus sehingga tidak merusak kabel jika ditarik melalui pipa.
Umumnya pipa conduit dijual dalam satuan batang sepanjang 3 meter dengan ukuran diameter luar 20 mm,  25 mm, dan 32 mm. Conduit dan sparing harus mempunyai ukuran minimal 1,5 kali total diameter kabel yang dilindunginya.

Salah Satu Produk High Impact PVC Conduit
Salah Satu Produk High Impact PVC Conduit

Apa yang harus diperhatikan dalam pemasangan pipa conduit?

  • Untuk pemasangan pipa conduit di dalam dinding, harus diusahakan agar dilaksanakan sebelum pekerjaan plesteran, agar permukaan dinding tidak bergelombang.
  • Pemasangan pipa conduit di atas plafond harus dikoordinasikan dengan jalur-jalur instalasi yang lain agar dapat tersusun rapi dan tidak saling mengganggu.
  • Pertemuan pipa sparing dari dalam dinding dengan pipa conduit di plafond menggunakan doos penyambungan yang diantaranya dipasang flexible conduit yang dipasang dengan cara klem.
  • Untuk mempermudah penarikan kabel di dalam pipa conduit, dapat menggunakan kawat pancing.  

Apa kelebihan dan kekurangan menggunakan pipa conduit?

Kelebihan penggunaaan pipa conduit antara lain adalah : melindungi kabel dari bahaya impact seperti terkena benda jatuh, tergencet,  dan gesekan serta gigitan tikus yang dapat meyebabkan isolasi kabel terkelupas sehingga membuat instalasi lebih tahan lama.

Sedangkan kekurangan penggunaan pipa conduit antara lain adalah : membutuhkan biaya lebih untuk pipa conduit, dan relatif membutuhkan waktu lebih untuk keseluruhan pekerjaan instalasi listrik.

Demikianlah sedikit ulasan tentang pipa conduit untuk instalasi kabel yang aman, bagi anda yang sedang dalam tahap pembangunan rumah, penggunaan pipa conduit layak dipertimbangkan untuk instalasi listrik yang lebih aman. Semoga bermanfaat...!

Back To Top