Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Komponen Utama Biaya Sewa Genset Pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi

Listrik kerja merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam pelaksanaan pekerjaan proyek yang biasa masuk ke dalam pekerjaan persiapan. Umumnya untuk pelaksanaan proyek kita mengenal dua macam sumber utama untuk listrik kerja ini yaitu sambungan listrik sementara dari PLN dan listrik dari Genset.

Kadang karena keterbatasan di lokasi, misalnya jaringan PLN sangat jauh dari lokasi proyek, maka untuk listrik kerja umumnya kita menggunakan genset. Kebutuhan kapasitas genset yang dipilih sangat bervariasi tergantung dari jenis proyek dan peruntukkan kebutuhan listrik tersebut untuk peralatan apa saja.
Genset Silent Type
Genset Silent Type
Umumnya jika suatu proyek menggunakan Tower Crane atau alat berat yang lain maka kebutuhan listrik kerjanya sangat besar dan mungkin membutuhkan genset dengan kapasitas sampai 250 KVA. Untuk pengadaan genset sendiri kita bisa membeli unit genset atau sewa kepada penyedia jasa sewa genset.

Secara umum terdapat beberapa komponen biaya yang harus diperhitungkan untuk pengadaan listrik kerja dengan menggunakan genset, antara lain :
  1. Biaya transportasi / mobilisasi demobilisasi biasa dihitung dalam satuan 1 ls.
  2. Biaya sewa genset biasa dihitung dalam satuan hari, minggu, atau bulan, tergantung dari berapa lama kebutuhan kita / durasi proyek yang kita laksanakan.
  3. Biaya akomodasi operator seperti uang makan operator, uang lembur operator, dan biaya tempat tinggal operator biasa dihitung dalam satuan hari, minggu, atau bulan.
  4. Biaya bahan bakar, umumnya menggunakan solar industri, biasa dihitung per liter.
  5. Biaya pemasangan genset dan perlengkapan instalasi kabel sampai ke panel terdekat, biasa dihitung dalam satuan 1 ls.
Dari semua komponen biaya tersebut, yang memiliki porsi paling besar adalah biaya bahan bakar, mugkin bisa sampai 70% dari total biaya keseluruhan. Kadang penyedia sewa genset menyediakan jasa sewa genset harian yang sudah termasuk bahan bakar, operator, dan instalasi kabel sampai panjang tertentu. Untuk sewa harian harga sangat tergantung kepada harga solar industri. Jadi jika terjadi kenaikan harga solar, pasti harga sewa genset harian juga akan mengalami kenaikan.

Back To Top