Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Kesalahan Hitung Volume Dinding Facade Yang Sering Terjadi

Dinding facade merupakan salah satu pekerjaan arsitektur dengan biaya yang besar. Seperti kita ketahui untuk dinding facade bangunan perkantoran modern sering menggunakan dinding curtainwall dikombinasi dengan alumnium composite panel. Harga satuan dinding facade tersebut relatif mahal mungkin bisa sampai di atas Rp. 1 juta / m2.


Jika terjadi kesalahan perhitungan volume luasan dinding facade, karena harga satuan yang mahal, maka selisih biaya yang terjadi akan sangat besar. Berikut ini adalah salah satu kesalahan dalam perhitungan volume dinding facade yang paling sering terjadi. 


Sekilas gambar tampak bangunan di atas terlihat biasa saja. Dengan cepat kita dapat menghitung luasnya dengan cara sederhana menghitung luas biasa yaitu panjang x tinggi. Apakah benar? tentu saja benar tetapi dengan catatan permukaan dinding facade itu rata. 

Jika ternyata sebenarnya permukaan facade tidak rata tetapi maju mundur / ada tekukan seperti gambar di bawah ini maka kta harus memperhitungkan juga luasan sisi miring nya. Ini yang sering dilupakan karena hanya melihat gambar tampak yang dua dimensi.

Jadi dalam menghitung luas dinding facade selain melihat gambar tampak juga harus melihat juga gambar denahnya. Meski mungkin kecil tetapi lebar sisi miring tersebut jika dikalikan dengan tinggi bangunan akan besar juga total volume luasannya.  


Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang kesalahan perhitungan volume dinding facade bangunan yang sering terjadi, sekedar mengingatkan agar kita tidak lupa memperhitungkan luasan pada sisi tekukan / sisi miring tersebut.

Back To Top