Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Grase Trap Untuk Mengatasi Masalah Lemak Di Saluran Air

Minyak dan lemak merupakan masalah yang sering terjadi pada sistem pipa air bekas untuk dapur bangunan Anda. Minyak dan lemak mungkin dihasilkan dari sisa mentega, santan, atau minyak goreng yang dibuang ke pipa saluran air. 

Lemak dan minyak yang tidak larut dalam air tetapi mengapung dan membentuk lapisan pada permukaan air.  Jika sampai masuk ke pipa saluran air, maka lemak dapat menempel pada dinding pipa saluran dan membentuk kerak yang dapat menyumbat saluran air. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut diperlukan pengelolaan secara khusus yaitu dengan menggunakan saringan penangkap lemak atau grease trap. 

Grease trap merupakan peralatan sistem plumbing yang fungsinya memisahkan minyak dari air. Grease trap ada yang terbuat dari pasangan bata, besi stainless steel, atau bahan lain yang tidak berkarat yang dilengkapi dengan ember saringan penangkap lemak.

Grease trap harus dibuat sedekat mungkin dengan sink dapur dan diusahakan tidak banyak belokan yang memudahkan terbentuknya endapan kotoran dan lemak yang bisa menyumbat pipa saluran air. Dengan menggunakan grease trap maka minyak dan lemak akan terperangkap sedangkan air yang mengalir ke sistem pembuangan sudah terbebas dari campuran minyak dan lemak tadi. 

Grease Trap Portable Berbahan Sainless Steel
Contohnya jika menggunakan grease trap portable berbahan stain less steel seperti gambar di atas maka lemak akan terperangkap di saringan stainless. Secara berkala saringan ini harus dibersihkan agar grease trap tetap dapat bekerja dengan maksimal. 

Grease trap cocok digunakan untuk semua bangunan mulai dari rumah tinggal dan apartemen sampai dapur umum, restoran, dan hotel. Tentunya ukuran dan kapasitas grease trap yang dibutuhkan berbeda antara penggunaan rumah tinggal dan dapur restoran misalnya.

Demikian artikel tentang grease trap yang penting untuk mengelola minyak dan lemak dari dapur Anda agar tidak menyumbat aliran air pada sistem pipa air bekas Anda. Semoga bermanfaat.

Back To Top