Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Floor Deck Untuk Pelat Lantai Beton Yang Lebih Ekonomis

Mungkin Anda pernah mendengar pengecoran lantai menggunakan floor deck? Apakah itu? Apa keunggulannya? Floor deck atau sering disebut metal deck merupakan material untuk membuat pelat lantai beton komposit pada struktur balok dan kolom beton maupun baja. Floor deck sering digunakan untuk pelat lantai atas atau pada bangunan bertingkat.

Floor deck umumnya berbahan dasar baja bermutu tinggi yang berbentuk lembaran pelat bergelombang diberi lapisan pelindung hot dip galavanis dengan tonjolan pada beberapa sisinya sehingga lebih menyatu dengan beton. 

Floor Deck
Floor Deck
Biasa floor deck dihitung dalam satuan m2 dalam RAB. Selain floor deck harus diperhitungkan juga penulangan wiremesh juga dalam satuan m2 serta jangan lupa material shear connector yang biasa dihitung per titik. 

Apa saja keunggulan penggunaan floor deck untuk membuat pelat lantai beton komposit? Silahkan simak 7 keunggulan penggunaan floor deck di bawah ini.

Penggunaan Beton Yang Lebih Efisien

Kebutuhan Volume Beton Akan  Berkurang, karena bentuk profil floor deck, dengan ketebalan pelat lantai beton yang sama, volume beton yang dibutuhkan akan lebih sedikit (terpotong volume cekungan profil floor deck). Penghematan material beton bisa 13% sampai 27% jika dibandingkan dengan cor beton dengan cara konvensional.

Lebih Hemat Penggunaan Besi

Penggunaan besi tulangan akan berkurang, karena floor deck juga berfungsi sebagai tulangan positif, sehingga hanya dibutuhkan satu lapis besi tulangan. Biasanya untuk besi tulangan akan menggunakan besi wiremesh. Simak juga artikel rumahmaterial.com sebelumnya tentang Besi Wire Mesh, Alternatif Pembesian Tulangan Beton Yang Ekonomis 

Cepat Dan Mudah Pemasangannya

Proses pelaksanaan beton komposit dengan floor deck lebih cepat karena dapat langsung menutup area yang luas bisa sampai dua atau tiga bentang dan tidak perlu waktu untuk pembongkaran lagi seperti pada pelaksanaan bekisting konvensional multipleks dan kayu.

Tidak Membutuhkan Bekisting Kayu

Floor deck juga berfungsi sebagai bekisting yang lebih efisien karena tidak memerlukan pekerjaan pemotongan dan bongkar pasang bekisting. Seain itu Pekerja dapat berjalan di atasnya dengan aman.

Dapat Berfungsi Sebagai Plafon

Untuk sisi bawahnya dapat langsung berfungsi sebagai plafon lantai di bawahnya dengan tampilan seperti plafon metal gelombang.

Mudah Dalam Transportasi dan Mobilisasi Material

Floor deck mudah dalam transportasi karena dapat disusun dalam lembaran yang rapat sehingga mudah dibongkar muat. Selain itu floor deck dapat diproduksi sesuai permintaan dengan ukuran panjang maksimum 12 m. 

Secara Keseluruhan Lebih ekonomis

Total biaya yang lebih ekonomis, karena penggunaan beton lebih efisien, pembesian tulangan hanya perlu satu lapis, dan pelaksanaan pekerjaan lebih cepat sehingga akan menghemat biaya tenaga kerja lapangan.

Jadi secara umum floor deck merupakan material yang memiliki 4 fungsi sekaligus yaitu : sebagai bekisting, sebagai tulangan positif, sebagai lantai kerja, dan sebagai langit-langit / plafon. Tetapi penggunaan floor deck tetap membutuhkan tiang penyangga sementara untuk mencegah terjadinya lendutan pada saat beton masih basah / pekerjaan pengecoran. Tiang penyangga dapat dilepas setelah beton berumur 7 sampai 14 hari.

Demikian ulasan singkat tentang material floor deck untuk pelat lantai komposit beton yang lebih ekonomis. Semoga bermanfaat dan dapatmenjadi referensi bagi Anda.

Back To Top