Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Pintu Anti Banjir, Melindungi Dari Bencana Banjir

Banjir, mungkin merupakan salah satu masalah yang terus berulang selama beberapa periode waktu. Ada yang setahun sekali, ada yang lima tahun sekali, tetapi ada juga yang tidak bisa diprediksi. Jika rumah terletak di daerah banjir, dimana tanda-tandanya pernah rumahmaterial.com ulas dalam artikel 6 Tanda Rumah Berlokasi Di Daerah Banjir, apa yang dapat dilakukan?

Untuk mengantisipasi banjir biasanya ada beberapa cara yang dilakukan oleh orang yang tinggal di daerah banjir. Paling sering adalah mereka mambangun rumah lebih tinggi dari elevasi banjir yang sering melanda. Misalnya biasa terjadi banjir setinggi 60 cm maka mereka akan membangun rumah dengan elevasi di atasnya.

Tetapi bagaimana jika rumah sudah tidak mungkin ditinggikan lagi tanpa membongkar seluruh bangunan misalnya karena bangunan dua lantai sehingga kalau ditinggikan elevasi lantai dasarnya sudah tidak bisa karena ketinggian plafon yang terbatas.

Pintu Anti Banjir Tipe Combine Watertight Gate
Pintu Anti Banjir Tipe Combine Watertight Gate
Salah satu cara untuk mengantisipasi banjir adalah menggunakan penutup pintu anti banjir (flood gate) untuk menghalangi air masuk ke dalam rumah. Produk pintu anti banjir ini merupakan produk dari Daichen Indonesia. 

Produk pintu anti banjir dari daichen ini ada bermacam-macam tetapi yang menarik menurut kami adalah tipe combine watertight gate yang dapat diaplikasikan untuk pintu masuk rumah, mall, gedung, basement, dan lain-lain. Pintu anti banjir jenis ini dapat dibongkar pasang dengan mudah dan hanya dipasang jika dibutuhkan untuk mencegah air banjir masuk ke dalam bangunan.

Jika tidak dipasang maka yang terlihat hanya base plat / rel stainless steel pada bagian lantai yang dipasang rata dengan permukaan lantai sehingga tidak bahaya tersandung. Produk pintu ini menggunakan material dari aluminium alloy dan menggunakan karet EPDM yang awet, tidak mudah rusak, tahan panas, dan tahan bahan kimia.

Setelah dilakukan setting awal, maka untuk bongkar pasang dapat dilakukan secara manual menggunakan tenaga manusia.  Pertama dilakukan pemasangan tiang utama setelah itu dilakukan pemasangan watertight plank yang kemudian dikencangkan dengan kunci kuping.

Kelebihan produk pintu anti banjir ini antara lain :
1. Bahan kuat tetapi ringan dan tidak berkarat
2. Bisa dibongkar pasang, mudah disimpan jika tidak digunakan.
3. Pemasangan mudah dan cepat, bisa dilakukan satu orang (tergantung ukuran).

Sedangkan kekurangannya mungkin pada harganya yang lumayan mahal, bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta tergantung dari sistem dan ukurannya. Meski mungkin sebanding dengan kualitas produknya, kita juga harus memperhitungkan apakah biaya pemasangan pintu anti banjir ini ekonomis jika dibandingkan dengan terhindarnya kerugian akibat terendam banjir apalagi jika di dalamnya terdapat banyak barang, mesin-mesin, dan kendaraan (seperti pada area parkir mobil di basement ).

Demikian sedikit ulasan tentang pintu anti banjir yang dapat rumahmaterial.com sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda.

Back To Top