Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Ini Dia Tanda Vinyl Lantai Bermutu Baik

Lantai Vinyl merupakan salah satu jenis penutup lantai yang sering digunakan untuk berbagai macam jenis ruangan dan bangunan misalnya bangunan rumah sakit, laboratorium, gudang, dan lain-lain. Umumnya vinyl lantai yang berkualitas baik merupakan barang impor sehingga harganya juga cukup mahal. Simak artikel juga rumahmaterial.com sebelumnya tentang Mengenal Material Lantai Vinyl.

Vinyl Lantai Rumah Sakit
Vinyl Lantai Rumah Sakit

Saat ini di pasaran terdapat bermacam-macam jenis merek dan kualitas vinyl lantai, mungkin akan sedikit membingungkan untuk orang awam ketika akan memilih produk vinyl yang tepat dan berkualitas untuk digunakan. Apa saja tanda vinyl berkualitas baik? Simak penjelasannya berikut ini.

Bahan vinyl bersifat homogen

Vinyl yang bahannya bersifat homogen akan memiliki lapisan yang sama dari sisi permukaan atas sampai bawahnya. Keunggulannya adalah jika sampai terkena goresan cukup dalam maka tidak terlalu terlihat karena tidak ada perbedaan warna akibat perbedaan warna dengan lapisan di bawahnya setelah lapisan atasnya terkelupas. 


Tahan gesekan / aus

Karena gesekan dilewati oleh langkah kaki dan peralatan seperti troley dan kursi roda maka cepat atau lambat pasti vinyl mengalami keausan. Akan ada bagian vinyl yang tergerus karena gesekan yang akan mengikis permukaan vinyl sedikit demi sedikit dan menimbulkan keausan. Vinyl berkualitas juga akan aus karena gesekan tetapi akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan perbedaan warna antara yang sudah mengalami keausan dan vinyl baru juga tidak berbeda jauh.

Tahan gores

Misalnya yang sering meninggalkan gores adalah alas sepatu. Untuk vinyl berkualitas baik, goresan yang tidak terlalu dalam akan dapat dihilangkan tanpa menimbulkan bekas jika digosok menggunakan penghapus. 

Tahan terhadap kotor

Vinyl yang berkualitas tidak mudah menyerap kotoran, misalnya jika dilap dengan kain lap atau air yang kotor vinyl yang baik tidak mudah menyerap kotoran dan dapat dengan mudah dibersihkan. Kotoran yang menempel dapat dengan mudah dibersihkan tanpa menimbulkan perubahan warna pada permukaan vinyl.

Tahan terhadap cairan kimia

Penggunaan vinyl terutama di rumah sakit dan laboratorium sangat rentan terhadap tumpahan cairan kimia dan obat-obatan, seperti misalnya betadine. Jika vinyl kurang bagus kualitasnya maka jika terkena tumpahan betadine akan menimbulkan flek warna kuning yang tidak bisa hilang. Sedangkan jika vinyl yang digunakan berkualitas bagus maka noda yang timbul dapat dihilangkan dengan cara dilap saja, jika sampai meninggalkan bekas flek kuning pun sangat tipis atau hampir tidak terlihat.

Demikian beberapa tanda produk vinyl yang berkualitas baik yang dapat rumahmaterial.com sampaikan, tetapi sebenarnya selain material vinyl, yang sangat penting juga untuk menghasilkan vinyl lantai yang berkualitas baik adalah proses pemasangannya. 

Sehingga biasa supplier vinyl akan menjual produknya secara terpasang atau termasuk pemasangan sehingga akan lebih terjamin kualitas hasil pemasangannya.

Back To Top