Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Hotel Lockset (Card Hotel Door Lock) Untuk Kunci Kamar Hotel

Kunci kamar hotel umumnya menggunakan kunci elektronik yang dibuka dengan menggunakan kartu sehingga sering disebut cardlock hotel atau hotel lockset. Umumnya sekarang hotel menggunakan jenis kartu mifare (contactless) yang cukup menempelkan kartu pada area sensor dekat handle pintu untuk membuka pintunya.

Padahal selain kartu mifare ada juga cardlock hotel yang menggunakan kartu magnetic stripe dan kartu chip tetapi agak jarang digunakan. Mengapa? Hal itu karena kartu magnetic stripe tidak tahan lama dan cenderung mudah rusak sedangkan kartu chip harganya mahal sehingga kurang ekonomis. 

Hotel Lockset (Card Hotel Door Lock)
Hotel Lockset (Card Hotel Door Lock)

Cardlock hotel dengan kartu mifare menggunakan teknologi RFID yang memiliki dua keunggulan yaitu contactless sehingga mudah digunakan (cukup menempelkan kartu di dekat sensor kunci untuk membuka kunci pintu) dan lebih aman karena kartu mifare tidak mudah dicloning atau digandakan.  

Selain cardlock hotel, biasanya pada kamar hotel dipasang Hotel - Energy Saving Switch(ES Switch) yang dipasangkan dengan kartu mifare. Biasa kalau kita masuk ke kamar hotel terdapat saklar untuk menyalakan aliran listrik di kamar tersebut yang diaktifkan dengan cara memasukkan kartu ke dalam slotnya, itulah ES switch.

Secara garis besar ES switch ada dua macam, yaitu jenis yaitu ES switch biasa dan ES switch RFID. Jika menggunakan ES switch biasa aliran listrik dapat menyala jika slot ES switch dimasuki kartu apa pun atau malah diisi dengan lipatan kertas. 

Tetapi Jika menggunakan ES switch RFID maka aliran listrik hanya dapat menyala jika ES switch dimasuki kartu RF yang sesuai, jadi tidak sembarang kartu. Dengan menggunakan ES switch RFID maka jika penghuni kamar meninggalkan ruangan dan mencabut kartu kunci hotel dari slotnya maka otomatis aliran listrik akan padam sehingga semua peralatan seperti lampu, AC, dan lain-lain akan mati. Tentunya penggunaan ES switch RFID akan lebih bermanfaat untuk menghemat energi bagi pengelola hotel.

Biasanya pihak supplier cardlock hotel akan menawarkan bukan cuma cardlock hotel tetapi juga ES switchnya. Selain itu mereka juga akan menyediakan peralatan pendukung yang lain seperti RFID encoder, software program untuk keseluruhan sistem,dan training penggunaan seluruh sistemnya. 

Tetapi untuk pemasangan cardlock hotel pada daun pintu biasa dilakukan oleh supplier daun pintu. Jadi saat pemesanan daun pintu maka supplier cardlock akan meminjamkan satu unit cardlock hotel untuk menjadi contoh agar pintu yang diproduksi dapat langsung dilubangi sesuai ukuran cardlock yang dipakai.

Berapa Kisaran Harga Satu Set Cardlock Hotel? Kalau dari segi harga tentunya harga cardlock hotel sangat bervariasi karena tergantung kualitas dan merek produknya selain itu harga satu set cardlock bukan cuma harga hardware kunci pintu elektroniknya saja tetapi termasuk peralatan di front desk, encoder, komputer dan software khusus, kartu mifare (biasanya jumlahnya  serta biaya setting dan training.

Demikian sedikit ulasan tentang Hotel Lockset (Cardlock) Untuk Kunci Kamar Hotel yang dapat rumahmaterial.com sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda terutama untuk yang sedang melaksanakan pekerjaan bangunan hotel.

Back To Top