Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

6 Tips Menjual Rumah Dengan Harga Tinggi

Rumahmaterial.com - Kadang karena alasan tertentu orang ingin menjual rumahnya, misalnya sudah mendapatkan rumah baru yang lebih sesuai, sedang membutuhkan uang dalam jumlah besar, pindah lokasi kerja, dan lain-lain.

Tentunya jika seseorang menjual rumahnya ingin mendapatkan harga jual yang tinggi, tetapi hal tersebut tidak mudah dan membutuhkan beberapa hal yang harus diperhatikan, simak 6 Tips Menjual Rumah Dengan Harga Tinggi berikut ini. 

Menjual Rumah

1. Faktor lokasi yang baik. 

Pada awal membeli rumah tersebut kita harus memilih lokasi yang tepat, karena faktor lokasi adalah yang paling penting di antara faktor lain di bidang properti. 


Selain itu kita juga harus melihat kemajuan dan perkembangan lingkungan, misalnya ternyata di dekat lokasi rumah dibangun pusat perbelanjaan, dan fasilitas pendukung yang lain, tentunya akan meningkatkan harga jual rumah Anda. 

2. Survei harga pasaran rumah di lingkungan Anda. 

Carilah info harga jual rumah lain di lingkungan Anda dan bandingkan kondisinya dengan rumah Anda. Dari beberapa info yang ada Anda akan dapat menentukan harga yang pantas untuk rumah Anda. 

Tidak terlalu tinggi sehingga akan menyurutkan minat pembeli dan lama terjual, tetapi juga tidak terlalu rendah yang akan merugikan Anda sebagai pihak penjual rumah.

Untuk harga permintaan atau harga pembuka mungkin bisa dipasang sedikit lebih tinggi dari harga pasaran tetapi itu juga tergantung loaksi dan kondisi rumah yang ada. 

3. Perbaiki dan Percantik rumah Anda. 

Jika terapat kebocoran atau kerusakan bangunan yang lain, jangan dibiarkan, sebaiknya diperbaiki dulu sebelum menjual rumah Anda. Melakukan pengecatan ulang untuk mempercantik rumah Anda dan menambah fasilitas misalnya memasang atap canopy di area parkir akan meningkatkan harga jual rumah Anda.


Biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki dan mempercantik rumah Anda umumnya akan lebih kecil jika dibanding kenaikan harga jual rumah karena nilai tambah kondisi rumah yang baik dan terlihat cantik. 

4. Jaga kebersihan dan kerapian rumah Anda. 

Meski mungkin sudah tidak ditinggali, jika Anda berniat menjual rumah Anda, kebersihan dan kerapian rumah harus tetap terjaga. Mengapa? Rumah dengan kondisi bersih dan terawat akan menimbulkan kesan pertama yang baik terhadap pembeli sehingga mereka akan lebih tertarik dan mau membeli dengan harga lebih tinggi.

5. Beritahu kerabat dan rekan Anda. 

Siapa tahu mereka memiliki kenalan yang sedang berniat membeli rumah atau bahkan tidak menutup kemungkinan mereka sendiri yang berminat membeli rumah Anda.

5. Iklankan rumah Anda di berbagai media. 

Saat ini sangat banyak media untuk mengiklankan rumah yang dijual, seperti memasang iklan pada media cetak seperti surat kabar, memasang papan rumah dijual dan kontak Anda di depan rumah, dan memasang iklan di situs internet untuk jual beli rumah.   

6. Jalin hubungan dengan makelar rumah dan agen properti profesional. 

Memang bagi penjual akan terkena biaya komisi tetapi dengan luasnya jaringan atau networking mereka, Anda akan mendapatkan banyak calon pembeli yang berminat terhadap rumah Anda, sehingga Anda pun lebih bisa menjual rumah Anda dengan harga tinggi karena banyaknya peminat. 

Demikian artikel tentang Tips Menjual Rumah Dengan Harga Tinggi yang dapat rumahmaterial.com sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda.

Back To Top