Rumah Material

Rumah Dan Bangunan, Info Produk Material Bahan Bangunan

Tips Membuat Balkon Rumah Yang Sederhana Dan Nyaman

Balkon rumah biasanya di bangun di lantai 2, 3 dan lantai atas seterusnya. Fungsi dari balkon rumah itu sendiri yaitu untuk membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik serta digunakan untuk menikmati pemandangan di sekitar rumah. 

Tips Membuat Balkon Rumah Yang Sederhana Dan Nyaman

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membuat balkon rumah, berikut ini adalah berberapa tips yang sebaiknya Anda terapkan agar mendapatkan balkon sesuai yang Anda impikan.

1. Ukuran balkon

Anda tidak perlu membuat balkon rumah dengan ukuran yang luas. Cukup dengan ukuran yang secukupnya saja. Namun, kembali lagi dengan kebutuhan dan keinginan Anda serta apa tujuan Anda membuatnya. Apakah hanya untuk menikmati pemandangan, bersantai, membuat taman atau yang lainnya. Dan yang terpenting, Anda harus menyesuaikan dengan ukuran rumah Anda. 

2. Railing balkon

Fungsi dari railing itu sendiri adalah untuk melindungi. Pilihlah railing balkon rumah dengan desain yang simple dan minimalis karena akan lebih terlihat menarik. Untuk pembuatan ketinggian railing pada balkon, sebaiknya jangan terlalu tinggi dan juga jangan terlalu rendah, mungkin sekitar tinggi satu meter. Anda harus perhatikan keamanannya. Kalau pagar terlalu rendah akan sangat berrbahaya apalagi kalau mempunyai anak kecil .


3. Warna untuk balkon

Umumnya, warna untuk balkon adalah warna netral karena warna tersebut lebih terlihat mewah dan juga terlihat lebih menarik serta serasi jika dipadupadankan dengan warna cat rumah Anda. Namun, Anda bisa memilih warna lain yang sesuai dengan keinginan Anda.

4. Kanopi untuk balkon

Fungsi dari kanopi balkon adalah untuk membuatnya terlihat lebih indah. Di sela-sela kanopi balkon, Anda dapat mendesainnya dengan meletakkan beberapa pot tanaman. Selain indah juga memberi kesegaran saat Anda sedang bersantai menikmati pemandangan dari balkon rumah. 


5. Membuat taman 

Buatlah sebuah taman kecil di balkon rumah Anda. Tidak perlu taman yang mewah, cukup dengan meletakkan pot-pot bunga atau tanaman yang menjalar, balkon rumah Anda akan terlihat unik dan lebih indah dari balkon rumah yang kosong.

6. Tempat berkebun

Selain membuat taman dan meletakkan macam-macam tanaman hias, Anda juga bisa membuat sebuah kebun kecil di balkon rumah. Anda bisa menanam cabe di dalam pot, buah strawberry, buah anggur, tomat, bayam, daun bawang, atau tanaman-tanaman obat. Untuk menanam buah anggur, Anda dapat memanfaatkan pagar balkon karena buah anggur merupakan tanaman yang menjalar.

7. Furniture untuk balkon

Untuk pemilihan furniture pada balkon seperti kursi dan meja, Anda tidak perlu membeli yang mahal-mahal. Cukup yang sederhana dan unik serta nyaman untuk Anda. Sebuah sofa kecil atau beberapa kursi kecil sudah dapat melengkapi balkon rumah Anda.


8. Perpustakaan mini

Balkon biasanya di desain untuk berkebun dan membuat taman kecil, selain itu Anda dapat mendesainnya menjadi sebuah perpustakaan kecil. Anda dapat melakukan aktifitas membaca Anda dengan suasana yang lebih nyaman serta tidak membosankan karena disuguhkan dengan pemandangan sekitar dari balkon rumah Anda. 

Untuk perpustakaan kecil yang ingin Anda bangun di balkon rumah, cukup dengan meletakkan beberapa rak buku beserta buku-bukunya, Anda sudah bisa membuat sebuah perpustakaan. 


9. Jangan menjemur pakaian di balkon

Balkon rumah biasanya digunakan untuk menjemur pakaian. Tetapi kali ini, sebaiknya Anda harus menjemur pakaian di tempat yang lain, jangan di balkon rumah karena akan memberikan kesan pemandangan yang tidak enak dilihat. Untuk menjemur pakaian, Anda harus menyediakan tempat yang khusus dan tentunya tidak di balkon rumah. Jemuran pakaian membuat balkon rumah terlihat tidak rapi.

10. Jangan menjadikan balkon sebagai gudang

Hal yang harus dihindari lagi selain untuk menjeur pakaian yaitu jangan sesekali menjadikan balkon sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang tidak berguna lagi atau menjadikannya sebagai gudang. Seringkali balkon disalahgunakan oleh pemilik rumah untuk menjadikannya gudang. Jika sewaktu-waktu Anda ingin bersantai di balkon rumah, tentunya barang-barang bekas tersebut akan mengganggu Anda. 

Selain itu akan membuat rumah terlihat kotor serta berantakan. Sama seperti halnya dengan jemuran pakaian, Anda harus menyiapkan ruangan khusus untuk gudang. 

11. Jaga kebersihan balkon

Jika balkon rumah sudah selesai Anda desain, tips lainnya yaitu Anda harus selalu memperhatikan dan menjaga kebersihan balkon. Jangan membuat balkon menjadi kotor dengan tumpukan-tumpukan bungkus makanan atau minuman yang sering menemani waktu santai Anda. Jika ketika Anda bersantai ditemani dengan makanan dan minuman kemasan, sebaiknya sampahnya segera di buang. Atau Anda bisa menyediakan tempat sampah yang tertutup di balkon rumah Anda.

Itulah beberapa ulasan seputar tips bagaimana membuat balkon rumah yang bagus dan nyaman. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon untuk tidak menyampaikan komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel karena tidak akan kami terbitkan. Terima kasih.

Back To Top