Rumah Material

Rumah Dan Bangunan, Info Produk Material Bahan Bangunan

Tips Agar Hemat Dalam Membangun Sendiri Rumah Impian Anda

Saat ini, meskipun sudah banyak rumah siap huni dengan berbagai model yang di tawarkan oleh para pengembang, tampaknya tak sedikitpun menyurutkan niat sebagian orang yang tetap ingin membangun sendiri rumah impiannya. 

Alasannya bermacam-macam mengapa orang lebih memilih membuat rumah sendiri, salah satu alasan yang sering terlontar adalah, agar dapat membuat rumah yang desainnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing penghuni. 

Tips Agar Hemat Dalam Membangun Sendiri Rumah Impian Anda

Tetapi, membangun sebuah rumah sendiri tidaklah semudah yang di bayangkan. Selain menyita waktu kita, terkadang biayanya bisa membengkak, melebihi dana yang sudah kita persiapkan.  

Nah, untuk itu di bawah ini rumahmaterial.com akan berbagi beberapa tips untuk pembaca semua, agar usaha Anda dalam membuat rumah sendiri bisa hemat dan berjalan lancar. Ingin tahu apa saja tips-tipsnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini

Tips Hemat Membangun Rumah Impian 


1. Perencanaan Awal

Anda harus membuat perencanaan untuk membangun sebuah rumah di mana perencanaan itu dimulai dari dana yang dibutuhkan, ukuran rumah, jumlah pekerja yang di butuhkan. serta berapa lama waktu pembangunan rumah tersebut. Anda juga harus mempertimbangkan masalah skill para tukang yang Anda pilih, karena jika waktu pelaksanaan lebih lama dari yang ditargetkan, tentunya Anda akan mengeluarkan uang tambahan untuk upah tukang tersebut.


2. Riset Harga Bahan Bangunan Rumah

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk meriset harga bangunan rumah terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membangun sebuah rumah. Hal ini memang sangat diperlukan agar Anda dapat memperkirakan berapa dana yang harus disiapkan untuk membangun rumah idaman Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui mana bahan bangunan yang berkualitas dan mana yang tidak. 

Ketika riset harga bangunan rumah, jangan hanya pada satu tempat toko bangunan saja. Pergilah kebeberapa toko bangunan untuk membandingkan harganya. Karena setiap toko bangunan mempunyai selisih harga yang berbeda-beda. Jika kualitasnya sama dan harganya lebih murah dibandingkan di toko-toko lainnya, tidak ada salahnya bukan untuk memilih hanya membeli di toko yang harganya jauh lebih rendah?

3. Pilih Bahan Bangunan Lokal

Pilih dan gunakanlah bahan bangunan lokal karena harganya jauh lebih murah daripada bahan bangunan dari produk luar negeri. Beberapa bahan bangunan lokal yang di maksud di sini, misalnya kayu ataupun bambu yang di perlukan saat proses pembangunan. 

4. Menentukan Desain Rumah

Desain atau bentuk sebuah bangunan mempengaruhi banyaknya bahan bangunan yang harus dibeli serta tingkat kesulitan saat membangunnya. Bentuk rumah yang persegi dan persegi panjang jauh lebih murah biaya pembuatannya dibandingkan dengan bentuk rumah yang bersudut-sudut dan melengkung-lengkung.

Belum lagi jika sewaktu-waktu Anda ingin melakukan renovasi rumah, bentuk bangunanan yang rumit akan menghambat proses renovasi serta membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan merenovasi rumah yang berbentuk persegi dan persegi panjang. Jadi alangkah baiknya jika Anda mempertimbangkan hal ini juga. Jika memang Anda sudah siap dengan konskuensi waktu dan biayanya, ya sah-sah saja, Anda mendesain dengan bentuk bagaimanapun juga.

5. Desain Rumah Minimalis

Selain lebih hemat biaya, sekarang ini desain rumah minimalis lebih populer dan banyak diminati. Meskipun minimalis, rumah dengan desain ini masih terlihat mewah serta modern. Anda tidak perlu bingung ingin mendesain rumah minimalis dengan model seperti apa. Anda dapat mencari bentuk serta model-modelnya di internet. Dan temukan model rumah minimalis yang ingin Anda bangun.

6. Membangun Rumah Secara Bertahap

Keuntungan lainnya dari membangun rumah sendiri dibandingkan membeli rumah siap huni adalah Anda bisa membangun rumah secara bertahap. Anda tidak harus sekaligus membangun rumah yang prosesnya langsung jadi. Anda bisa menyesuaikan dengan dana yang Anda punya. Mulailah secara bertahap untuk membangun pondasi rumah sampai tahap finishing sesuai dengan budget yang Anda punya. 

7. Membuat Rumah Dengan Ruangan Multifungsi

Jika Anda ingin menghemat lagi biaya pembuatan sebuah rumah, Anda dapat membuat ruangan di dalam rumah Anda dengan multifungsi daripada membuat ruangan dengan jumlah yang banyak. Karena jumlah ruangan di dalam rumah juga sangat mempengaruhi anggaran dana guna membeli bahan dan material bangunan. 

8. Jeli Memilih Tukang Bangunan

Tukang atau pekerja bangunan juga memengaruhi berapa besar jumlah biaya dalam pembuatan rumah. Pilihlah tukang bangunan yang profesional dalam bekerja. Karena tukang bangunan yang kurang produktif akan membuat pelaksanaan pekerjaan menjadi lama dan pengeluaran biaya untuk upah tukang bertambah. Lebih bagus lagi jika Anda memilih tukang yang telah Anda tahu ketahui hasil dan cara kerjanya. jadi Anda tidak seperti membeli kucing dalam karung.


Wujudkan impian Anda membuat rumah sendiri dengan tips-tips di atas. Selain dapat menekan anggaran, membangun rumah sendiri serasa lebih memuaskan daripada harus memilih rumah yang sudah dibangun oleh pihak pengembang.

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon untuk tidak menyampaikan komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel karena tidak akan kami terbitkan. Terima kasih.

Back To Top