Rumah Material

Rumah Dan Bangunan, Info Produk Material Bahan Bangunan

Tips Cerdas Dalam Memilih Model dan Motif Keramik

Lantai merupakan bagian yang penting dari sebuah rumah, karena lantai sangat berkaitan erat dengan keindahan dan kenyaman dalam rumah. Oleh karena itu, untuk menciptakan kesan indah dan nyaman tersebut, kita perlu memperhatikan pemilihan motif dan model keramik yang akan digunakan untuk ruangan kita. 

Untuk itu pada kesempatan kali ini, telah rumahmaterial.com rangkum berbagai tips dalam memilih model dan motif keramik lantai yang benar. Silahkan disimak.

Tips Cerdas Dalam Memilih Model dan Motif Keramik

1. Memilih Warna yang Tepat

Sebelum memilih warna keramik, alangkah lebih baiknya untuk menentukan konsep ruangan pada rumah kita. Selanjutnya, kita bisa memilih warna keramik yang cocok dengan konsep ruangan tersebut. Pada umumnya, keramik yang berwarna gelap cenderung memberikan kesan yang sempit. Begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, untuk rumah bergaya minimalis, idealnya memilih keramik yang berwarna terang. Sehingga ruangan pada rumah akan tampak lebih luas. 

2. Ukuran Keramik

Ukuran keramik berperan sangat penting untuk menciptakan keindahan ruangan pada rumah kita. Oleh karena itu, agar tercipta ruangan yang cantik dan nyaman, pemilihan ukuran keramik sebaiknya menyesuaikan dengan luas ruangan yang ada dirumah kita. Untuk desain rumah yang mempunyai ruangan cukup luas, sebaiknya menggunakan keramik dengan ukuran besar. Sedangkan untuk desain rumah yang mempunyai ruangan sempit, sangat cocok menggunakan keramik dengan ukuran kecil.

Simak juga artikel sebelumnya tentang Cara Menghitung Material Keramik Tile Lantai.

3. Motif Keramik

Pada zaman modern ini, motif keramik yang ditawarkan dipasaran sangatlah beragam. Sehingga memberi kemudahan kepada kita untuk memilih motif yang sesuai dengan selera. Pemilihan keramik sebaiknya juga disesuaikan dengan konsep ruangan pada rumah kita, agar suasana yang tercipta nampak indah dan serasi.

4. Permukaan Keramik

Pemilihan perrmukaan keramik, juga perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan ruangan yang ada pada rumah kita. Untuk seluruh ruangan yang ada di dalam rumah, idealnya menggunakan keramik dengan permukaan halus. Sedangkan model keramik yang akan digunakan pada kamar mandi, sebaiknya memilih keramik dengan permukaan yang agak kasar, karena permukaan keramik yang agak kasar membuat kita tidak mudah terpeleset saat menggunakan kamar mandi.

Hal-hal kecil dan sepele seperti ini perlu diperhatikan secara matang-matang, agar rumah yang kita miliki benar-benar terlihat sempurna.

Dari uraian diatas, tentu kita sudah punya sedikit gambaran atau bayangan mengenai model atau motif keramik yang bagus dan sesuai dengan rumah kita. Selain memperhatikan model dan motif keramik, kita juga perlu memperhatikan kualitas keramik yang kita pilih. Dengan menggunakan keramik yang mempunyai kualitas bagus, tentunya akan lebih awet dan bisa tahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Jangan lupa simak juga artikel rumahmaterial.com sebelumnya yang membahas tentang Cara Praktis Untuk Mengganti Keramik Lantai Lama.

Tips Memilih Kualitas Keramik Lantai Yang Baik


Disamping beberapa tips yang telah diuraikan di atas mengenai pemilihan motif dan model keramik yang cocok pada rumah kita, berikut akan diuraikan pula mengenai tips memilih kualitas keramik lantai yang bagus agar tahan lama.

1. Ringan Atau Berat? Ketika kita sudah menemukan model dan motif keramik yang sesuai dengan selera dan konsep ruangan pada sebuah rumah. Langkah selanjutnya adalah memilih keramik yang mempunyai kualitas tinggi. Langkah pertama untuk mengetahui kualitas suatu keramik yaitu, dengan cara mengangkat keramik yang sudah kita pilih. 

Jika saat di angkat terasa ringan, maka dapat dipastikan bahwa kualitasnya tidak terlalu bagus. Keramik yang ringan tersebut memiliki komposisi yang kurang padat. Sehingga keramik yang dihasilkan cepat keropos dan mudah pecah.

2. Apakah Tahan Gores? Langkah selanjutnya yaitu dengan menggores permukaan keramik. Keramik yang mempunyai kualitas bagus tidak akan mudah tergores atau tidak meninggalkan bekas goresan. Jadi, keramik yang ketika digores meninggalkan bekas goresan, sudah dapat dipastikan bahwa keramik tersebut memiliki kualitas yang sangat buruk.

Hal kecil seperti ini perlu dilakukan, karena keramik yang akan kita gunakan di seluruh ruangan kemungkinan besar mengalami goresan, sehingga sangat penting untuk memilih keramik yang anti gores. Goresan kecil yang tercipta dari keramik akan mengurangi keindahan pada suatu rumah.

3. Apakah Meninggalkan Bekas Jika Diusap? Langkah berikutnya yaitu dengan mengusap permukaan keramik. Keramik yang meninggalkan bekas usapan kita, menandakan bahwa keramik tersebut mempunyai kualitas yang tidak terlalu bagus. Ketika kita berada pada suatu rumah, kita akan berpijak pada lantai. Jika keramik yang digunakan pada lantai tersebut meninggalkan bekas pijakan kaki, akan terkesan kotor dan nampak kumuh. 

Misalnya saja saat sedang ada hajatan atau acara di rumah yang menuntut kita untuk mengundang banyak orang, jika kita memilih kwalitas yang jelek, pasti keramik tersebut meninggalkan bekas yang sangat banyak, sehingga akan nampak kotor dan tidak nyaman dilihat. Oleh karena itu, pemilihan keramik yang berkualitas bagus sangat disarankan. Selain bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama, juga untuk menjaga keindahan dari keramik itu sendiri.

4. Mengkilap Atau Tidak? Langkah yang terakhir yaitu dengan melihat tekstur dari permukaan keramik, mengkilap atau tidak. Pada umumnya, keramik yang memiliki kualitas bagus cenderung lebih mengkilap dibandingkan dengan keramik yang memiliki kualitas tidak terlalu bagus.

Nah, diatas adalah tips memilih model dan motif keramik yang bagus dan mempunyai kualitas tinggi. Semoga bermanfaat

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon untuk tidak menyampaikan komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel karena tidak akan kami terbitkan. Terima kasih.

Back To Top