Rumah Material

Rumah Dan Bangunan, Info Produk Material Bahan Bangunan

Flexitile Material Alternatif Penutup Dinding Ringan Dan Fleksibel

Flexitile? Apakah anda pernah mendengar nama produk ini? Jika belum saat ini rumahmaterial.com akan mencoba mengulasnya.

Flexitile merupakan lembaran keramik lentur yang dihasilkan dari tanah liat yang dimodifikasi dengan teknologi modified clay material menggunakan pelarut surfaktan sehingga menjadi elastis. Kemudian tanah liat hasil modifikasi tersebut dibakar pada suhu tertentu (low heat temperature) dan di cetak untuk menjadi produk flexitile.

Flexitile biasa digunakan untuk cover atau penutup dinding dan kolom. Produk ini bisa digunakan untuk dinding interior dan dinding eksterior. Beberapa contoh aplikasinya dinding Flexitile dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Aplikasi Penutup Dinding Flexitile
Aplikasi Penutup Dinding Flexitile (Sumber : www.flexitile.co.id)

Secara umum Flexitile terdiri dari 5 tipe sebagai berikut :
  1. Arcilla, dengan tekstur tembok.
  2. Flexiwood, dengan tekstur serat kayu alami
  3. Flexistone, dengan tekstur batu yang halus.
  4. Aluvial, dengan tekstur batu yang kasar.
  5. Face Bricks, dengan tekstur bata expose.

Apa Kelebihan Flexitile?

  1. Ringan, beratnya hanya sekitar 4-8 kg per m2 tergantung dari tipenya. 
  2. Fleksibel, dapat dipasang melingkar atau melengkung.
  3. Kuat dan tahan lama, tidak mudah terbakar, dan memiliki sifat waterproofing.
  4. Artistik, teksturnya beragam dan tidak berulang.  
  5. Mudah dan cepat pemasangannya, bisa langsung dipasang di atas keramik eksisting tanpa perlu dibongkar, tidak memerlukan alat atau mesin khusus dalam pemasangannya.
  6. Ramah lingkungan, terbuat dari bahan baku alami dan tidak mengandung bahan beracun
  7. Dapat didaur ulang, bisa menjadi produk baru atau kembali menjadi tanah liat 

Bagaimana Cara Pemasangan Flexitile?

  1. Pertama kita harus pastikan permukaan dinding rata atau datar.
  2. Jika dipasang pada dinding bata atau bata ringan maka dinding tersebut cukup diplester saja tidak perlu diaci. Kemudian Flexitile ditempelkan menggunakan mortar instan tile adhesive atau perekat keramik.
  3. Jika dipasang pada permukaan GRC atau Kalsiboard, Flexitile juga ditempelkan menggunakan mortar instan tile adhesive atau perekat keramik.
  4. Sedangkan jika dipasang pada permukaan kayu atau multipleks , Flexitile juga ditempelkan menggunakan campuran lem putih dan lem kuning.
Sebaiknya pemasangan Flexitile dilakukan setelah bangunan hampir selesai untuk menghindari kotor karena cat yang akan sulit untuk dibersihkan. Jika Flexitile sudah terpasang di dinding, tetapi proyeknya belum selesai, sebaiknya ditutup dengan plastik / terpal agar tidak kotor.


Bagaimana Cara Perawatan Flexitile?

Untuk perawatannya cukup dengan cara membersihkan jika kotor, dengan menggunakan sponge, air sabun, dan disikat dengan sikat plastik.

Demikian sedikit ulasan tentang Flexitile Material Alternatif Penutup Dinding Ringan Dan Fleksibel, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tentang material penutup dinding dan kolom untuk bangunan anda. 

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon untuk tidak menyampaikan komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel karena tidak akan kami terbitkan. Terima kasih.

Back To Top