Tips Memilih Material Lantai Dapur

Lantai Dapur Menggunakan Keramik Tile
Lantai Dapur Menggunakan Keramik Tile
Rumahmaterial.com - Lantai dapur merupakan salah satu bagian penting yang harus mendapatkan perhatian khusus dalam perencanaan rumah tinggal. 

Dari segi elevasi usahakan level lantai dapur sedikit lebih tinggi atau paling tidak sama dengan level lantai di sekitarnya. 

Jangan sampai level lantai dapur lebih rendah dari level lantai di sekitarnya karena akan menimbulkan kesulitan saat akan membersihkannya. Jangan lupa simak juga: 5 Tips Sederhana Agar Dapur Selalu Dalam keadaan Bersih dan Rapi.

Apa material penutup lantai yang cocok untuk lantai dapur? 

Keramik dan homogenous tile dengan permukaan agak kesat (tidak licin) dapat menjadi pilihan yang baik, hindari penggunaan lantai kayu untuk material penutup lantai dapur. 

Alasannya adalah karena dapur merupakan tempat untuk aktifitas memasak yang sering mengakibatkan penutup lantai berminyak. 

Jika kita menggunakan penutup lantai keramik atau homogenous tile kita bisa mencuci lantai yang berminyak dengan sabun atau pembersih lantai kemudian mengepelnya dengan kondisi cukup basah.

Sedangkan untuk material lantai kayu kita tidak dapat sembarang menggunakan pembersih lantai dan dalam membersihkannya tidak boleh terlalu basah, sehingga material lantai kayu kurang cocok digunakan sebagai lantai dapur.

Material lain yang mungkin masih bisa untuk penutup lantai dapur adalah lantai vinyl, tetapi penggunaan lantai vinyl sangat jarang untuk bangunan rumah tinggal.

Intinya dalam memilih penutup lantai dapur, kita harus memperhatikan apakah material tersebut secara garis besar cocok atau tidak untuk digunakan. 

Pilihlah material yang kuat, tahan lama, tidak mudah menyerap air, permukaan yang tidak berpori, dan mudah dibersihkan. Baru setelah itu kita memilih desain, corak, dan warnanya yang sesuai dengan selera dan keinginan kita. 

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Material Lantai Dapur "