Atap Tensile Membrane Yang Unik Dan Artistik

Atap Tensile Membrane Di Sumarecon Mall Serpong

Rumahmaterial.com - Apakah Anda pernah melihat bentuk atap yang menyerupai payung, layar di kapal layar, dan berbagai macam bentuk yang lain? Itu adalah jenis atap tensile membrane.

Apa yang dimaksud dengan atap tensile membrane?

Atap tensile membrane merupakan atap yang menggunakan bahan membrane dikombinasikan dengan struktur rangka yang kuat dan modern, biasa menggunakan konstruksi baja atau menggunakan tarikan tali sling sehingga dapat menciptakan bentuk atap yang unik dan artistik.

Atap tensile membrane ini sangat cocok digunakan pada bermacam-macam jenis bangunan antara lain untuk: plaza, mall, restoran, hotel, sekolah, perumahan, gedung, lapangan, tempat olah raga, lokasi wisata, kafé, tempat parkir kendaraan atau carport.

Untuk bahan membrane sendiri terdapat beberapa merk yang berkualitas baik, seperti : Ferari, Heytex, Mehler, Hiraoka, dan Verseidag.

Apa kelebihan dan kekurangan atap tensile membrane?

Ada beberapa kelebihan menggunakan atap tensile membrane antara lain :
  1. Desain arsitektur yang unik dan fleksibel. Tensile membrane dapat dibuat berbagai desain yang unik sehingga menjadi ciri khas dari suatu bangunan.
  2. Ringan. Material tensile membrane yang ringan tidak membutuhkan struktur yang berlebihan sehingga akan menghemat biaya strukturnya dibanding jika menggunakan atap konvensional selain itu material yang ringan juga memungkinkan bentangan yang lebar tanpa kolom di tengahnya.
  3. Hemat energi dan hemat biaya. Penggunaan tensile membrane akan mengurangi biaya pemakaian listrik untuk lampu karena pada siang hari cahaya matahari sudah cukup untuk menerangi ruang di bawahnya.
  4. Tahan lama dan mudah Perawatannya. Tensile membrane memiliki ketahanan yang baik di segala kondisi cuaca serta bersifat self cleaning sehingga tidak perlu dibersihkan akan bersih sendiri jika terkena hujan.
Untuk kekurangannya mungkin adalah pada harganya yang relatif mahal. Harga atap tensile membrane terpasang yang biasa dhitung dalam satuan m2 ini tergantung dari luas permukaan atap, jenis material membrane yang dipakai, dan desain atap yang dipilih.  

Selain itu atap tensile membrane harus dikerjakan oleh spesialis pekerjaan tersebut secara keseluruhan karena merupakan suatu kesatuan sistem.

Bagaimana proses kerja atap tensile membrane?

Tahapan proses kerjanya adalah sebagai berikut :
  1. Menentukan desain yang diinginkan.
  2. Membuat analisa dan detail perencanaan struktur rangka dan tali sling yang digunakan.
  3. Membuat analisa dan pola pemasangan membrane yang digunakan.
  4. Melakukan fabrikasi dan pemasangan atap membrane.
Biasanya pemilihan desain dan jenis material dapat dikonsultasikan dengan pihak spesialis atap tensile membrane.

Posting Komentar untuk "Atap Tensile Membrane Yang Unik Dan Artistik"